BERITA HARMONI SAYU




Pelantikan MPK SMA Negeri 1 Indramayu Tahun Pelajaran 2020/2021 Dilaksanakan Secara Daring

Harmoni Sayu - Kepala SMA Negeri 1 Indramayu, Setyo Adisapto, S.Pd,.M.M.melantik pengurus MPK periode 2020-2021. Pelantikan dilaksanakan pada hari Selasa (27/10/2020) di Aula SMA Negeri 1 SMA Negeri 1 Indramayu. Kegiatan acara pelantikan secara luring hanya diikuti oleh unsur pimpinan, panitia dan pengurus OSIS dan MPK yang lama dan baru. Dalam hal ini, panitia kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat pada masa pandemi Covid-19 di kota Palangka Raya masih masuk zona merah. Kegiatan acara pelantikan ini juga disaksikan secara daring oleh seluruh dewan guru dan perwakilan kelas melalui Live Streaming di Chanel Youtube SMAN 1 INDRAMAYU.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, pengurus MPK diharapkan selalu berkoordinasi dengan para guru pembina. Koordinasi itu sangat penting karena mengingat bahwa organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi para siswa untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan yang maksimal sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Indramayu MPK adalah wadah untuk memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya demi kepentingan sekolah dan semua siswa. MPK juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa secara maksimal. Selanjutnya MPK juga berfungsi mencegah munculnya pengaruh-pengaruh negatif pada siswa. Hal ini disampaikan oleh Setyo Adisapto, S.Pd,.M.M. ketika menyampaikan pidato sambutannya seusai kegiatan pelantikan.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, pengurus MPK diharapkan selalu berkoordinasi dengan para guru pembina. Koordinasi itu sangat penting karena mengingat bahwa organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi para siswa untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan yang maksimal sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Indramayu

MPK adalah wadah untuk memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya demi kepentingan sekolah dan semua siswa. MPK juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa secara maksimal. Selanjutnya MPK juga berfungsi mencegah munculnya pengaruh-pengaruh negatif pada siswa. Hal ini disampaikan oleh Setyo Adisapto, S.Pd,.M.M. ketika menyampaikan pidato sambutannya seusai kegiatan pelantikan.


Klik Untuk Melihat Video Pelantikan MPK =>>>>>>>>>>>>>>>>

“Saya sampaikan terima kasih kepada pengurus MPK periode sebelumnya yang telah menjalankan tugasnya dengan baik,” imbuhnya. pada proses awal pemilihan MPK tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa tingkat partisipasi keluarga besar SMA Negeri 1 Indramayu masih sangat bagus dalam pengembangan MPK di SMA Negeri 1 Indramayu. #harmonisayu #sayutop #sayujuara #jabarjuara 

Ditulis Oleh Admin (28/10/2020)




Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 1 Indramayu

Harmoni Sayu - Pandemi Covid-19  memaksa seluruh aktivitas kehidupan agak sedikit berbeda dari biasanya. termasuk juga di bidang pendidikan. Tahun Pelajan Baru telah dimulai aktivitas pembelajaran pun tetap dilaksanakan di SMA Negeri 1 Indramayu yang tentunya sesuai dengan arahan Protokol pencegahan Covid-19. Pembelajaran jarak jauh adalah cara yang di terapkan selama masa Pandemi Covid-19. berbagai metode pembelajaran jarak jauh dapat dilkakukan diantaranya secara Daring Maupun Luring. pembelajaran Daring dalam Jaringan pun terbagi menjadi beberapa metode dengan aplikasi dan caranya masing masing.

Guru-guru SMA Negeri 1 Indramayu dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring menggunakan berbagai strategi agar materi pembelajaran dan proses mendidik dapat berlangsung dan siswa dapat menerima materi pembelajaran dan dapat di didik dengan baik.

Aplikasi Utama yang dipakai dalam pembelajaran Daring SMA Negeri 1 Indramayu ialah Discord,. Discord sebagai CMS (comunication management sistem) yang mana bisa memantau proses pembelajaran yang dilakukan oleh setiap guru dan setiapo member diberi Peran atau Role sesuai dengan kewenangan masing-masing.


Berbagai aplikasi yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran dan pendidikan di gunakan antara lain malelui Aplikasi Zoom, Whatshap, Youtube dll. sesuai dengan materi yang di ajarkan kepada para Siswa SMA Negeri 1 Indramayu. Wakasek Kurikukulum Bambang M. Kartono, M.Pd. Menjelaskan bahwa masih terasa canggung bagi beberapa guru dan Siswa. namun Insya Allah dengan bertambahnya pengalaman penguanaan beberapa Aplikasi dan Metode pembelajaran Para Guru dan Siswa akan menemukan  cara dan metode terbaik dalam proses pembelajaran dan mendidik.

Ditulis Oleh Admin (15/09/2020)




SMA Negeri 1 Indramayu Mengadakan Door Prize Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke 75 Tahun Di Masa Pandemi

Harmoni Sayu - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Civitas Warga SMA Negeri 1 bisa menjadi corong bagi pemerintah, untuk mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan di masyarakat, demi memutus mata rantai penularan Covid-19. “Saya berharap kepada saudara-saudara semua, mari kita menaklukkan Covid, salah satunya caranya dengan berolah raga, agar tubuh sehat dan kuat. Kita harus mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, khususnya di SMA Negeri 1 Indramayu, karena Covid harus kita taklukkan “ ucap Kepala SMA Negeri 1 Indramayu. Harapannya protokol kesehatan bisa terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari “ ungkapnya.

Dalam Kegiatan 17 Agustusan Kali ini SMA Negeri 1 Indramayu mengadakan Undian Door Prize Kepada Guru dan Staff Tu yang Telah Mengikuti kegiatan upacara 17 Agustusan Secara Virtual. Door Prize yang diberikan Berupa Rice Cooker, Kompor Gas 2 Tungku, Kipas Angin dan DoorPrize Utama Berupa sepeda Gunung Exotic. Untuk itu, sebelum kegiatan Pengundian dimulai, panitia telah mengimbau setiap peserta agar memakai masker“. Dalam Proses pengundian yang berlangsung setelah kegiatan Briefing Pagi yang dipandu oleh Wakasek Humas, Sutikno, S.Pd.

Dalam kesempatan yang sama kepala SMA Negeri 1 Indramayu, Setyo Adisapto, S.Pd., M.M. memberikan pengarahan tentang semua kegiatan sekolah yang dilaksanakan harus mengedepankan protokol kesehatan, untuk acara Pengundian Door Prize ini mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima. Setelah diundi oleh perwakilan guru, wakasek dan kepala sekolah akhirnya didapat beberapa pemenang Door Prize. Berikut Daftar Foto Pemenang Doorprize :


Panitia mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak,sehingga kegiatan bersepeda santai ini, terlaksana dengan lancar #harmonisayu #sayutop #sayujuara #jabarjuara 

Ditulis Oleh Admin (20/08/2020)




SMA Negeri 1 Indramayu Melaksanakan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon

Harmoni Sayu - Kepala SMA Negeri 1 menyerahkan bibit pohon dalam rangka Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon yang digagas oleh Gubernur Jawa barat Tahun 2020. Bibit pohon tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Wil IX Indramayu. SMA Negeri 1 Indramayu menyumbangkan 500 bibit tanaman terdiri dari bibit tanaman Jati, Mahoni dan Palem Putri.

“Bumi makin panas karena manusia berpopulasi. Akibat dari populasi ini mengakibatkan semua berloma-lomba berebut sumber daya, berebut air, jalan mau ke kantor atau sekolah, berebut layanan pendidikan, kesehatan, dan berebut ruang yang mengakibatkan zona hijau jadi berkurang dan zona bangunan menjadi bertambah,” tutur Setyo Adisapto, S.Pd.M.M.


Kepala SMA Negeri 1 Indramayu , Setyo Adisapto Sapto,S.Pd. M.M Menghimbau perusahaan-perusahaan atau tempat kerja, di kantor tiap mejanya dikasih pot bunga yang bisa hidup secara interior. Itu kalau stres pegang saja daunnya,” biar hidup kita tetap harmoni dan selaras seperti Harmoni Sayu. #harmonisayu #sayutop #sayujuara #jabarjuara #hijausekolahku #hijaubumiku

Ditulis Oleh Admin (30/07/2020)




SMA Negeri 1 Indramayu Melaksanakan MPLS Secara Virtual Tahun Pajaran 2020/2021

Harmoni Sayu - Kepala SMA Negeri 1 Indramayu Setyo Adisapto, S.Pd.M.M. mengatakan tahun ajaran 2020-2021 yang akan dimulai Senin akan tetap dilaksanakan dengan kegiatan belajar dari rumah (BDR). "Kegiatan belajar dari rumah masih tetap dilaksanakan selama masa pandemi COVID-19.

Kegiatan MPLS yang terdiri dari kegiatan Pra PLS, Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Pasca PLS tahun 2020 ini akan menjadi tanggungjawab Kepala Sekolah sebagai pelaksana dengan melibatkan guru-guru serta Pengawas Pembina dan Komite Sekolah serta orang tua masing-masing peserta didik.


"Tempat pelaksanaan kegiatan diadakan di rumah masing masing peserta didik, untuk kegiatan pembukaan MPLS dapat dilakukan secara simbolik di sekolah dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19," ujarnya. Pelaksanaan kegiatan PLS dilaksanakan pada 13 Juli hingga 17 Juli 2020 mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Ada sejumlah larangan yang ditetapkan oleh Disdik Jabar selama pelaksanaan MPLS. #mplssayu #mpls2020 #sayujuara #sayukeren #sayutop #greniansmic

Ditulis Oleh Admin (13/07/2020)





SMA Negeri 1 Indramayu Melaksanakan Penanaman Budi Pekerti Daring Ramadhan

SMA Negeri 1 Indramayu Melaksanakan Penilaian Akhir Tahun Secara Daring. Dalam Pelaksanaanya Siswa dan Siswi kelas X dan kelas XI pada akhir pembelajaran di tahun 2019/2020, mereka harus mengikuti ujian kenaikan kelas. Kali ini SMA Negeri 1 Indramayu menggunakan cara Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2020 secara online/daring untuk semua siswa kelas X dan XI. Para siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan bapak ibu Porktor masing-masing dan dapat diakses dari rumah siswa masing-masing melalui komputer ataupun Smartphone yang dimilikinya. Dan untuk mendukung hal tersebut, sekolah sudah mendukung para siswa dengan memberikan pulsa sebesar Rp. 50.000,- per siswa. Dengan cara ujian daring ini, maka sekolah dan siswa melaksanakan stay at home dalam masa pandemi Corona untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Menurut Penjelasan Ketua Penilaian Akhir Tahun, Bambang M. Kartono, M.Pd. Kelebihan Penilaian Akhir Tahun Secara Daring :

1) Stay Connected

Guru dapat mengirim pembaharuan ke course, group serta pesan pribadi dan memberikan umpan balik pada siswa, dan mengatur acara dengan antarmuka pada perangkat mobile mereka

2) Manage on the Go

Melalui aplikasi pembelajaran guru dapat dengan mudah mengabsen, membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah siswa serta menilai hasil pekerjaan tersebut. Selain itu melalui guru dapat memberikan umpan balik pada siswa melaui perangkat mobilemereka.

3) Android Devices

Aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis. Android. Aplikasi ini juga memiliki pemeberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu..


Kepala SMA Negeri 1 Indramayu Setyo Adisapto, S.Pd., M.M. menuturkan meski dengan suasana dan kondisi sekarang, SMA Negeri 1 Indramayu tetap melaksanakan aktifitas Penilaian Akhir Tahun yang dilakukan dengan daring. “Kegiatan Penilaian Akhir Tahun aktifitas rutin setiap tahunnya. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Indramayu tetap menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun namun dilakukan dengan daring atau online. Berbagai macam kegiatan diramu menyesuaikan kondisi namun tidak menghilangkan suasana dan makna ujian bagi para siswa,” tegas Setyo Adisapto.





SMA Negeri 1 Indramayu Melaksanakan Penanaman Budi Pekerti Daring Ramadhan

Bulan Ramadhan kali ini tentu berbeda dengan Ramadhan biasanya, Ramadhan ditengah pandemi Covid-19 membuat SMA Negeri 1 Indramayu menggelar Pesantren Ramadhan secara daring. Para siswa diminta mengisi Google Form tentang kegiatan Ramadan di rumah masing- masing sesuai dengan jadwal yang sudah disusun oleh panitia Penanaman Budi Pekerti Ramadahan.

Penanaman Budi Pekerti Ramadahan daring ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Dilaksanakan dari rumah masing-masing siswa, dengan panduan dari bapak ibu guru melalui sistem daring atau online dan lewat WA grup kelas. Kegiatan pesantren Ramadhan ini, antara lain meliputi Puasa, Sholat Dhuha, KBM daring, Syiar Madrasah Ramadhansebelumnya sudah di unggah di youtube. Kegiatan tersebut digelar secara daring mulai dari (30 April – 20 Mei ).


Ketua Panitia pesantren Ramadhan, Deden Muhammad Hidayat, M.Pd.I menjelaskan di tengah pandemi Covid-19 SMA Negeri 1 Indramayu tetap berupaya menjalankan Pesantren Ramadan. Hanya memang konsepnya berbeda dengan biasanya, yaitu dengan online atau daring. Dalam menyelenggarakan pesantren daring ini pihaknya bekerja sama dengan orang tua siswa. “Orang tua diharapkan untuk memantau secara langsung kegiatan ibadah siswa selama di rumah, seperti puasa, tadarus, salat tarawih dan kegiatan yang lain yang semuanya dilaksanakan di rumah. Dengan menggunakan Google Form setiap hari siswa harus melaporkan kegiatan ibadah Ramadhan dengan pengisi Google Form setiap harinya selama sepekan," jelas Deden

Kepala SMA Negeri 1 Indramayu Setyo Adisapto, S.Pd., M.M. menuturkan meski dengan suasana dan kondisi sekarang, SMA Negeri 1 Indramayu tetap melaksanakan aktifitas Pesantren Ramadhan yang dilakukan dengan daring. Sekolah berupaya membuat kegiatan Pesantren Ramadhan yang menyenangkan disesuakan dengan kondisi yang ada.



“Kegiatan Pesantren Ramadhan menjadi aktifitas rutin di bulan suci Ramadhan setiap tahunnya. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Indramayu tetap menyelenggarakan pesantren Ramadhan namun dilakukan dengan daring atau online. Berbagai macam kegiatan diramu menyesuaikan kondisi namun tidak menghilangkan keceriaan dan makna pesantren ramadhan bagi para siswa,” tegas Setyo Adisapto.

share:

Sman 1 Indramayu Sukses Melaksanakan Ujian Sekolah Daring Ditengah Wabah Covid-19

Menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID- 19). Perihal pembatalan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Sementara Ujian Sekolah secara online dengan cara siswa mengerjakan soal ujian di rumah masing-masing. dilaksanakan pada, Senin, 30 Maret hingga Jum’at, 3 April 2020.

Melalui saluran Grup WhatsApp, Kepala SMAN 1 Indramayu, Setyo Adisapto, S.Pd. M.M., menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Penyebaran Covid19.


Berikut petunjuk pelaksanaan Ujian Sekolah berbasis Online SMAN 1 Indramayu tahun pelajaran 2019/2020.

Informasi Umum, Pertama, ujian Sekolah ini adalah lanjutan ujian sekolah tanggal 16 Maret 2020 yang tertunda. Kedua, ujian dilaksanakan di rumah masing-masing peserta ujian. Ketiga ujian mengikuti jadwal yang terlampir pada file ini.Petunjuk selanjutnya, ujian dapat menggunakan Android, Iphone, Laptop, PC selama memiliki koneksi internet dan browser. Kelima, Tidak perlu menggunakan Mobile Exam, cukup menggunakan browser bawaan Smartphone atau PC (Chrome, Firefox, Opera, Safari dll). Keenam, segala sumber informasi dan aduan selama ujian dipusatkan di group kelas masing-masing yang sudah ada proktor penanggungjawab dan wali kelas.Sedangkan informasi teknis, antara lain, Siswa wajib memiliki koneksi internet, Siswa wajib memiliki salah satu perangkat Android, Iphone, PC atau Laptop, Siswa wajib memiliki atau menginstal browser pada perangkat tersebut, Siswa wajib memiliki akun gmail dan menginstal zoom.


Informasi teknis lainnya, siswa wajib memiliki username dan Password USBN (telah dibagikan sebelumnya) jika hilang, dapat melapor pada group whatsaap. Link ujian mata pelajaran akan dibagikan di group whatsaap sesuai jadwal ujian terlampir.

“Kami (SMAN 1 Indramayu) menerapkan kehadiran Peserta ujian sekolah berbasis online, memanfaatkan aplikasi Zoom, Google form dan Zoho Form,” lanjutnya. Dan diakhiri tanda tangan online melalui link yang dibagikan di tiap grup kelas masing-masing memamnfaatkan aplikasi Zoho Form.

Sebagai Kepala Sekolah akan pelaksanaan ujian sekolah dikerja di rumah masing-masing siswa-siswi secara online untuk pertama kalinya ini, Setyo Adisapto berpesan agar siswa tetap antusias mengikuti ujian secara online. “Terkendala di jaringan yang terkadang down tetapi dengan pelaksanaan ujian berbasis online ini, mudah-mudahan tidak mengurangi nilai dengan ujian yang dilaksanakan di sekolah,” tukasnya.

share:

SMA Negeri 1 Indramayu Sukses Menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional SMA Tingkat Kabupaten (KSN) 2020

Sayu Harmoni - Hari Selasa (10/03/2020) sebanyak 500 siswa SMAN/SMAS seluruh kabupaten Indramayu mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Indramayu yang bertempat di SMA Negeri 1 Indramayu.Mata pelajaran yang diikutkan dalam KSN 2020 ada tujuh mata pelajaran, yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, kebumian dan geografi.

Kepala SMA Negeri 1 Indramayu, Setyo Adisapto, S.Pd. M.M. seusai memberikan arahan kepada peserta KSN K, Selasa (10/03/2020) mengatakan peserta yang mengikuti KSN ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran beberapa waktu lalu, dan telah melalui latihan dan pemberian materi kepada peserta yang telah terpilih.


Setyo Adisapto, S.Pd. M.M. juga menyampaikan ikutilah KSN ini dengan sebaik baiknya, baca soal dengan teliti dan jujur dalam menjawab soal yang diujikan, harapan kita semoga siswa/i yang ikut bisa mempersembahkan prestasi.

Kepala SMA Negeri 1 Indramayu berharap melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan budaya kompetensi yang sehat antar siswa SMA. Sehingga siswa/i kita siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan, katanya.


Dalam kesempatan ini pula acara pembukaan KSN 2020 di SMA Negeri Indramayu juga dihadiri oleh Kepala KCD IX Dra. Hj. Dewi Nurhulaela, M.Pd, beliau juga memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 1 Indramayu selaku tuan rumah kegiatan tersebut. Selain itu pelaksanaan KSN ini dapat dijadikan sebagai barometer tingkat keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh sekolah dalam menumbuh kembangkan kreativitas dan mutu siswa.

share:

Sma Negeri 1 Indramayu Sukses Melaksanakan Gladi UNBK Tahun 2020

Sayu Harmoni - Sebanyak 427 siswa SMA Negeri 1 Indramayu sukses melaksanakan gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Ajaran 2019 / 2020. Hal itu disampaikan langsung Setyo Adisapto, S.Pd., M.M., Kepala Sekolah SMAN 1 Indramayu saat ditemui di ruangannya pada Selasa (25/2/2020).

Dia mengatakan, pelaksanaan gladi bersih UNBK 2020 yang dilaksanakan selama dua hari yakni 24-25 Februari 2020 dalam 3 sesi tidak mengalami kendala. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 sampai 10.00; sesi kedua 10.00 sampai 12.00; dan sesi ketiga dimulai pada pukul 14.00 sampai 16.00. "Dalam simulasi ini, ada empat jenis yang diujikan yakni Bahasa Inggris, materi Pilihan sesuai jurusan, Pengenalan Analisis Kompetensi Minimal (AKM) dan pengisian Angket," ujar Kepala SMAN 1 Indramayu.


Terkait soal Pengenalan AKM, Setyo Adisapto menyebut ini merupakan hal baru dalam pelaksanaan Ujian akhir dan yang menjadi salah satu terobosan Kementerian Pendidikan dalam pelaksanaan UNBK. "Materinya lebih memuat penalaran seperti psikotes. Selain para siswa, para guru juga akan mengikuti ujian Pengenalan AKM itu dilaksanakan di hari ke-tiga UNBK yakni Rabu (26/2/2020)," tambah dia.

Dalam hal itu, katanya lagi, para guru diwajibkan untuk lebih mengerti dan menguasai AKM tersebut. "Karena AKM atau Analisis Kompetensi Minimal ini merupakan hal yang baru dan akan dilaksanakan pada UNBK tahun depan (Tahun Ajaran 2020/2021), maka para guru harus dipersiapkan," pungkas Setyo Adisapto.

Sebanyak 16 Guru Mengikuti AKM yang mana bertujuan mengetahui seberapa mampu guru mengerjakan dan nantinya diharapkan semua guru dapat mengerti AKM yang akan dilaksanakan pada UNBK Tahun 2021.

share:

Briefing Pagi Sman 1 Indramayu sebagai Upaya Peningkatan Mutu sekolah

Sayu Harmoni – Sman 1 Indramayu Rutin Melaksanakan Briefing dan pembinaan setiap hari senin setelah upacara bendera, dalam kegiatan tersebut wajib diikuti oleh semua guru dan staf tata usaha.

brefing yang dipimpin langsung oleh Kepala Sman 1 Indramayu Bapak Setyo Adisapto, S.Pd.MM. dan diikuti oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum Bambang M. Kartono, M.Pd., Wakasek sarana Agus, M.Pd., Wakasek Humas Sutikno, S.Pd., Wakasek Kesiswaan Drs. Deni Aryanto


Pada kesempatan tersebut Bapak Setyo Adisapto selaku Kepala Sma Negeri 1 Indramayu memberikan memberikan arahan tentang informasi persekolahan dan sekaligus memotivasi guru dan staf TU

Briefing pagi juga dapat membuat guru disiplin, memotivasi kerja seluruh warga Sman 1 Indramayu, penyampaian informasi yang lebih cepat, pembinaan dri kepala sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah.

Brefing juga bisa digunakan untuk menyampaikan tentang hal yang berkaitan dengan berbagi tugas atau delegasi, misalkan ada guru yang tidak masuk maka pada brefing tersebut bisa langsung disampaikan siapa yang harus segera mengambil peran tersebut.

share:



Sayu Harmoni Bersilaturahmi 2019

Sma Negeri 1 Indramayu - Dalam kegiatan rutin tahunan kali ini Sma Negeri 1 Indramayu mengadakan kegiatan jalan-jalan sekaligus bersilaturahmi dengan menghadiri perbnikahan Bapak Jefry Ardyantama di Gombong.

Rombongan Sma Negeri 1 Indramayu pada tanggal 21/12/2019 pukul 21.30 WIB berangkat menuju kebumen, lalu pada pukul 10.00 22/12/2019 menghadiri pernikahan Bapak Jefry. kemudian perjalanan dilajutkan lagi menuju pantai Ayah, Dan menuju Hotel Royal Dharmo sambil menikmati suasana Jogjyakarta tepatnya di Malioboro.


Pada kesempatan tersebut Bapak Setyo Adisapto selaku Kepala Sma Negeri 1 Indramayu memberikan kuis atau pertanyaan kepda warga Sma Negeri 1 Indramayu dengan maksud menghibur dan memberikan kesan happy dalam perjalanan yang dilalui oleh rombongan.

Hari kedua Trip wisata Rombongan Sma Negeri 1 Indramayu menuju sentra oleh-oleh khas jogjya yaitu Bakpia Jogkem (Jogya Kembali), setelah puas berbelanja oleh-oleh trip slanjutnya ialah wisata alam yang indah yaitu Waduk sermo dan spot Foto Pulepayung. Rombongan diantar menuju spot foto dengan menggunakan mobil 4x4 yang membuat pengalaman yang luar biasa dalam melibas tanjakan tajam menuju pulepayung.

Setelah menikmati nuansa alam yang indah akhirnya rombongan bergegas melakukan perjalan pulang ke Indramayu dan transit di rumah makan Candisari untuk menikmati kebersamaan yang ada sebelum beristirahat dalam berjalanan di bus yang nyaman. Pada pukul 06.30 (24/12/19) sudah samppai di Indramayu dengan selamat dan penuh keberkahan.

share:



SMA Negeri 1 Indramayu Menerapkan Ujian Berbasis Smartphone Pada Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun 2019/2020

Sayu Harmoni - Zaman kian canggih, serba digital. SMA Negeri 1 Indramayu memanfaatkannya. Yakni, para siswa mengerjakan soal ujian akhir semester memakai smartphone berbasis android atau iOS. Pemandangan berbeda tampak telihat di seluruh ruangan pelaksanaan ujian. Para pelajar ini tampak serius di hadapan smartphone mereka.

Memudahkan para siswa agar tidak ribet dalam mengerjakan ujian, Bak gayung bersambut, para siswa serempak setuju dengan wacana tawaran tersebut, terlebih siswa tak perlu lagi repot-repot menyiapkan alat tulis seperti pensil 2b, penggaris UN dan penghapus. Cukup mengganti jawaban dengan mengKlik salah satu huruf yang dirasa benar jawaban sudah bisa terganti.

Budi Rahayu melanjutkan, ia bersama ke-4 rekannya melakukan pengembangan aplikasi pelaksanaan ujian nasional yang sudah ada di Android dan IOS. “Kalau di Android ada di playstore banyak bertebaran dari beberapa pilihan untuk pelaksanaan ujian, kami coba aplikasi yang sudah ada tinggal kami perbaharui dan utak-atik sedikit,” ungkapnya

Makanya ujian ini kami bagi menjadi tiga mata pelajaran,” jelas dia. Budi mengaku, pelaksanaan Ujian Semester berbasis Smartphone tidak memiliki kendala berarti. Pasalnya, mayoritas siswa di sekolah telah menggunakan smartphone berbasis Android dan IOS. “Mungkin bagi anak-anak yang smartphonenya memiliki aplikasi yang cukup besar makanya agak berat untuk menjalankan aplikasi ujian, jadi sebelum ujian kami kumpulkan semua HP anak-anak yang berat. Selain itu, kami juga sudah melaksanakan simulasi sebanyak dua kali sebelum ujian ini,” ungkapnya.

Kendala lain adalah tidak semua siswa memiliki Handphone Smartphone atau pun Laptop, untuk mengantisipasi ini pihak sekolah tidak memaksakan siswanya. Sebab sekolah telah menyiapkan 60 unit komputer agar memudahkan siswa dalam mengikuti ujian. Ia melanjutkan, selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan, selain soal-soal yang diacak, para siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google. “Paket datanya kami sudah matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” tandasnya. .

share:

Sma Negeri 1 Indramayu Meraih Juara 3 di Turnamen Futsal Bung Daniel M.S Cup Tahun 2019

Sayu Harmoni - Prestasi demi prestasi diraih Sma Negeri 1 Indramayu, Pada babak Perebutan Juara 3 turnamen futsal antar SMP/SMA se-Wilayah 3 dan Subang, Sma Negeri 1 Indramayu berhasil mengandaskan tim futsal Putri Smk PGRI Subang, dengan skor 1-1 dan dilajunkan dengan adu pinalti dengan skor 2-1 untuk Sma Negeri 1 Indramayu. "Ini prestasi yang amat membanggakan, tim futsal Putri Sma Negeri 1 Indramayu mampu berbicara hingga tingkat se-Wilayah 3 dan Subang. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada anak-anak anggota tim futsal dan pembinanya," ujar Setyo Adisapto, S.Pd., M.M. Kepala , Sma Negeri 1 Indramayu.

Tim Sma Negeri 1 Indramayu menerapkan strategi menyerang sejak awal pertandingan dimulai. Serangan bertubi-tubi terus dilakukan hingga tim lawan babak belur sampai peluit panjang ditiup wasit. "Ada seorang pemain dari Putri Smk PGRI Subang yang kemampuannya jauh di atas rata-rata pemain lainnya. Anak-anak kami susah payah menjaga pemain tersebut. Bahkan kami jaga dengan 3 pemain sekaligus, agar pergerakan dia tidak leluasa,” ujar Angga Prasetia, SPd, pembina tim futsal Sma Negeri 1 Indramayu. Pressing ketat terus dilakukan sejak awal sampai akhir pertandingan. “Alhamdulillah berkat kerja keras tim kami bisa mengandaskan tim Lawandengan skor 2-1 di partai final perebutan juara 3," kata dia.

Angga Prasetia selama ini membina tim futsal Sma Negeri 1 Indramayu bersama rekannya, Bayu Aprianto, S.Pd. Sebelum berlaga pada turnamen futsal ini anggota tim futsal yang juga ikut ekstra kurikuler futsal itu, berlatih seminggu tiga kali selama sebulan terakhir. "Berbagai strategi untuk memenangi pertandingan kami berikan. Fisik pemain pun kami gembleng," timpal Bayu Aprianto. Dia menambahkan bahwa semoga kedepanya prestasi demi prestasi tim futsal jauh lebih baik lagi. Dan semoga dukungan dari semua pihak menjadi semangat tim futsal untuk meraih prestasi yang membanggakan Sma Negeri 1 Indramayu.

share:


GO Green SMA Negeri 1 Indramayu 2019 "Hijaukan Sekolahku"

Sayu Harmoni - Hijaukan SMA Negeri 1 Indramayu Tentunya dalam kegiatan ini banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Bapak Setyo Adisapto selaku kepala SMA mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswi yang sudah berpartisipasi kita tahu banyak pengorbanan dari siswa tapi mudah-mudahan kalian ikhlas memberikan kepada sekolah. Jika itu dilakukan dengan baik Insyallah akan mendapat pahala yang lebih baik.,

Saya harap kontribusi kalian mampu menghijaukan SMA Negeri 1 Indramayu. Kita ingin menciptakan hubungan baik antara penghuni dan lingkungan agar lebih harmoni dan terciptanya keselerasan.

Kegiatan Ini dilaksanakan Pada Hari Jumat, 19 Oktober 2019 dengan tujuan menghijaukan lingkungan sekolah dan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran akan lingkungan yang selaras dengan baik. Dalam pelaksananya semua civitas akademik sekolah turut serta dibawah kordinasi Tim SBL Sma Negeri 1 Indramayu. Dalam kesempatan yang sama Koordinator Sbl, Desillia Senja, S.P menyatakan kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan program kerja Tim Sbl sekaligus dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam berbudaya lingkungan yang bersih, rindang dan asri.

share:




SMA Negeri 1 Indramayu Menerapkan Ujian Berbasis Smartphone Pada Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun 2019/2020

Sayu Harmoni - Zaman kian canggih, serba digital. SMA Negeri 1 Indramayu memanfaatkannya. Yakni, para siswa mengerjakan soal ujian tengah semester memakai smartphone berbasis android atau iOS. Pemandangan berbeda tampak telihat di seluruh ruangan pelaksanaan ujian. Para pelajar ini tampak serius di hadapan smartphone mereka. Bukan sedang berselancar di dunia maya, namun mereka tampak serius mengerjakan soal-soal pilihan ganda melalui ponsel genggamnya. Memudahkan para siswa agar tidak ribet dalam mengerjakan ujian, Bak gayung bersambut, para siswa serempak setuju dengan wacana tawaran tersebut, terlebih siswa tak perlu lagi repot-repot menyiapkan alat tulis seperti pensil 2b, penggaris UN dan penghapus. Cukup mengganti jawaban dengan mengKlik salah satu huruf yang dirasa benar jawaban sudah bisa terganti. Budi Rahayu melanjutkan, ia bersama ke-4 rekannya melakukan pengembangan aplikasi pelaksanaan ujian nasional yang sudah ada di Android dan IOS. “Kalau di Android ada di playstore banyak bertebaran dari beberapa pilihan untuk pelaksanaan ujian, kami coba aplikasi yang sudah ada tinggal kami perbaharui dan utak-atik sedikit,” ungkapnya.

Untuk teknis pengerjaan soal pada prinsipnya, lanjut Budi Rahayu, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar. Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan. Dijelaskan, untuk smartphone berbasis android dan IOS mereka memiliki 5 server yang mampu menampung 250 client atau akun. Sedangkan bagi siswa yang memiliki spesifikasi di bawah rata-rata dipersilahkan ujian di Lab Komputer

Makanya ujian ini kami bagi menjadi tiga mata pelajaran dalam satu hari,” jelas dia. Budi mengaku, pelaksanaan Ujian Semester berbasis Smartphone tidak memiliki kendala berarti. Pasalnya, mayoritas siswa di sekolah telah menggunakan smartphone berbasis Android dan IOS. “Mungkin bagi anak-anak yang smartphonenya memiliki aplikasi yang cukup besar makanya agak berat untuk menjalankan aplikasi ujian, jadi sebelum ujian kami kumpulkan semua HP anak-anak yang berat. Selain itu, kami juga sudah melaksanakan simulasi sebanyak dua kali sebelum ujian ini,” ungkapnya. Kendala lain adalah tidak semua siswa memiliki Handphone Smartphone atau pun Laptop, untuk mengantisipasi ini pihak sekolah tidak memaksakan siswanya. Sebab sekolah telah menyiapkan 70 unit komputer agar memudahkan siswa dalam mengikuti ujian. Ia melanjutkan, selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan, selain soal-soal yang diacak, para siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google. “Paket datanya kami sudah matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” tandasnya.

share:



Kemeriahan Introves 2019 Sma Negeri 1 Indramayu

Sayu Harmoni – Pentas Seni atau yang sering dikenal Pensi merupakan ajang aktualisasi siswa di bidang seni maupun bidang lainnya. Pensi SmaNegeri 1 Indramayutahun 2019 memilikitema “INTROVES” atau Incredible Of Tropical Waves, tema tersebut memiliki makna nuansa pantai ditambah lagi dengan adanya Bintang tamu utama yaitu Ran dan DJ Acha. Selain adanya bintangtamu, tak kalah meriah juga event bazar siswa yang mana tiap kelas mendirikan stan bazar masing-masing dengan tema yang masih sama yaitu suasana pantai.

Pensi Sayu Tahun ini juga tetapi menampilkan beberapa bakat siswa dibidang seni seperti penampilan band siswa, Ekskul Aklung, Kanda – Dinda Sayu 2019, dan yang paling ditunggu-tunggu penampilan Ran.

Menurut Ketua Panitia Pensi, Adhi Sulandani, M.Pd menyatakan bahwa pelaksanaan pensi tahun ini berjalan dengan baik dan saya berterima kasih kepada pihak sekolah dan kepada Osis dan MPK yang bahu membahu menyukseskan acara kali ini. Untuk pensi tahun ini yang memiliki tema Pantai saya rasa lebih meriah dari tahun sebelumnya, Ujarnya (20/04/19).

Dengan suksesnya Pensi Sma Negeri 1 Indramayu tahun 2019, semoga untuk tahun depan lebih baik dan bintang tamunya makin hits dan selalu kekinian.

share:



Pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2019 Di Sma Negeri 1 Indramayu

Sayu Harmoni – Bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 pada Sabtu (17/8). Seperti yang dilakukan setiap tahun, seluruh siswa melaksanakan upacara bendera di sekolahnya masing-masing. Begitu pula dengan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang harus hadir dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Misalnya PNS lingkungan Tingkat Satuan Pendidikan.


Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Di SMA Negeri 1 Indramayu, Bapak Setyo Adisapto selaku pembina Upacara berharap semoga kalian semua dapat lebih meningkatkan lagi jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi, agar kalian semua bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya. "Semangat Nasionalisme" itu sangatlah penting, apalagi di kalangan pelajar seperti kalian semua. Karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

Dalam mengisi Kemerdekaan tentunya pentingnya silaturahim, dengan silaturahim yang sulit menjadi mudah dan yang berat menjadi Ringan. Kalian ambil hikmah dari sejarah, lalu tugas kalian berikutnya adalah membuat sejarah. Kalian adalah pemilik masa depan, jangan menunggu tapi tempalah kepribadianmu, kembangkan prestasimu, jalin persahabatan dengan teman-temanmu, hormatilah orang tuamu dan gurumu.

Dalam Perayaan semarak 17 Agustus akan dilaksanakan berbagai Lomba khas 17an dan Lomba Masak serta karaoke yang diikuti oleh Siswa, Guru dan staf tata usaha. Pesan penting yang disampaikan Kepala Sma Negeri 1 Indramayu, agar kita senantiasa menjaga silaturahim dengan sesama.

share:

Comments

author
m. apriyanto

All users on MySpace will know that there are millions of people out there. Every day besides so many people joining this community, there are many others who will be looking out for friends.

author
Bayu Apriyanto

the best School In Indramayu.

author
Hana Silviana

Dari dulu sampe sekarang tetap the best

author